SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA WONOREJO KECAMATAN KEDUNGJAJANG KABUPATEN LUMAJANG JAWA TIMUR 67358

Tuesday, September 4, 2012

SEJARAH DESA JATISARI

Jatisari adalah sebuah nama desa yang terletak antara desa Bence, Grobogan, Tempursari, Bandaran dan Desa Jeruk. Dulu Desa Jatisari ini adalah sebuah hutan belantara yang di tumbuhi banyak kayu jati. Kemudian ada dua kelompok orang yang datang ke hutan tersebut. Kelompok pertama datang dari suku madura dan kelompok kedua datang dari suku jawa. Kelompok pertama (suku madura) menempati disebelah barat dan kelompok kedua (suku jawa) menempati di sebelah timur. Didalam memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari mereka memanfaatkan kayu jati tersebut untuk di jual kepasar sebagai kayu baker. Hari berganti hari, bulan berganti bulan, tahun berganti tahun orang-orang yang datang kesana semakin banyak lalu mereka punya keinginan mengangkat seorang pemimpin dan memebri nama kelompok mereka, maka mereka mengadakan musyawarah antara kelompok barat dan timur. Dari hasil musyawarah tersebut disepakti disepakati seorang pemimpin dana nama dari kelompok mereka yaitu “JATI SARI”.

Jati sari adalah dua kata yang digabung menjadi satu yaitu “JATI” dan “SARI”. Jati adalah di ambil dari sebuah nama hutan yang mereka tempati yaitu hutan jati. Sari diambil dari penghasilan mereka dalam menghidupi keluarganya yaitu dari kayu jati, penghasilan mereka tersebut dinamakan sari dari kayu jati. Lslu dua kata tersebut mereka gabungkan menjadi satu yaitu: “JATI SARI”.

Kelompok pertama yaitu yang datang dari suku madura sekarang menempati di dusun Darungan satu dan Darungan dua, yang mana mereka berbahasa Madura dan kelompok kedua yang datang dari suku jawa sekarang menempati di Dusun Jati dan Dsn Krajan yang mana mereka berbahasa jawa.

Sampai saat ini Desa Jatisari telah dipimpin oleh 4 Pemimpin definitif yaitu :
1. Bapak Markoyo
2. Bapak Kerto Joyo / Bapak Madun
3. Bapak H. Abdul Hadi
4. Bapak Joko Suyono
Dan di pimpin oleh empat (4) pemimpin sementara yaitu:
1. Bapak Nursari / Said
2. Bapak Liyaton BZ
3. Bapak Indro
4. Bapak Rosad.
Mungkin ini Seklumit cerita asal usul Desa “JATI SARI” Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang kurang lebihnya mohon maaf.

NARA SUMBER PENULIS


( ABDUL AZIZ ) ( MOH. SHOLEH )

2 comments:

  1. walaopun sangat sederhana tulisan ini cukup sebagai kenangan sejarah,yang dapat dikembangkan oleh generasi berikutnya...umbul putra'..

    ReplyDelete
  2. terima kasih infonya,klo bisa di tambah dengan sejarah desa lain yang ada di kedung jajang.
    terima kasih..

    ReplyDelete