SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA WONOREJO KECAMATAN KEDUNGJAJANG KABUPATEN LUMAJANG JAWA TIMUR 67358

Tuesday, September 4, 2012

SEJARAH DESA GROBOGAN

Desa grobogan diambil dari nama bukit biasa disebut gunung oleh masyarakat sekitar yaitu gunung Grobogan.
Awal ceritanya, pada zaman dahulu hidup sepasang suami istri yang suka bersemedi atau bertapa diatas sebuah bukit/gunung. Konon menurut cerita kakek tersebut bernama “ EYANG SINDU BROMO” sesuai dengan adanya makam sampai saat ini masih terawatt dengan baik yang berada diatas Gunung Grobogan. Pada suatu malam dalam semedinya sang kakek bermimpi melihat bahwa didalam gunung yng dipkai sang kakek bersemedi terdapat sebuah peti yang sangat besar sekali atau dalam bahasa jawa kuno di sebut “ GROBOK” sang kakek melihat bahwa di dalam peti tersebut terdapat emas murni yang sangat banyak sekali.
Setelah bangun dari semedinya, sang kakek menceritakan kejadian yang dialami kepada istrinya. Keduanya gelisah, dan cemas memikirkan kejadian yang ada dalam semedinya tersebut. “Ini fisarat baik atau firasat buruk” seru sang kakek terdengar gelisah. “Sudahlah serahkan semuanya kepada Sang Hyang Widi (TUHAN YANG MAHA KUASA). Tambah sang istri untuk menenangkan hati suaminya.
Hari demi hari EYANG SINDU BROMO dan istrinya terus bersemedi, pada suatu hari Eyang Sindu Bromo jatuh sakit dan akhirnya meninggal dunia. Tetapi sebelum meninggal Eyang Sindu Bromo berpesan pada istrinya bahwa jika nanti di kemudian hari disekitar gunung ini ramai dan terbentuk sebuah perkampungan maka berilah nama “DESA GROBOGAN”
Tersebarlah kabar tentang meninggalnya Eyang Sindu Bromo, maka masyarakat sekitar berbondong-bondong naik keatas gunung untuk meihat dan mnguburkan Eyang Sindu Bromo diatas gunung itu juga. Setelah pemakaman selesai istri Eyang Sindu Bromo menyampaikan wasiat dari suaminya kepada penduduk. Maka terciptalah sebuah desa yang diambil dari mimpi Eyang Sindu Bromo yang melihat Grobog didalam gunung yaitu DESA GROBOGAN seperti sekarang ini.

Nara Sumber : Mbah Kerto

Ditulis Oleh

Siari
TPK Desa Grobogan

No comments:

Post a Comment