SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA WONOREJO KECAMATAN KEDUNGJAJANG KABUPATEN LUMAJANG JAWA TIMUR 67358

Tuesday, September 4, 2012

SEJARAH DESA BANDARAN

Disaat pertama kali yang Babat Alas di suatu wilayah yang lokasinya di pegunungan, pada saat itu kira tahun 1934 ada satu orang yang pertama Ky Ageng Sukarso, orang yang penting bijaksana dan bertanggung jawab di segala bidang. Contohnya ada orang bertengkar tidak ada yang berani mengamankan permasalahan ini, kecuali Ky Ageng Sukarso. Maka dari itu beliau langsung dipilih sebagai pemimpin dulu dikatakan seorang Demang, Ky Ageng Sukarso ini terpilih dan diberi gelar sebagai pimpinan yaitu : “DEMANG KY AGENG SUKARSO” dan beliau langsung memilih seseoarng yang di jadikan wakilnya namanya : “NITI SAMITRO GENAMIN” kedua pemimpin ini menguasai wilayah pegunungan itu.

Dan juga kisahnya dulu ada satu rumah yang riot tinggal tinggal BLANDARNYA. Itu jadi patokan banyak orang misalnya apabila ada orang janjian dia bilang kutunggu di Blandaran jadi pada saat itu kedua pimpinan ini yang bernama “DEMANG KY AGENG SUKARSO dan Wakilnya “ NITI SAMITRO GENAMIN” mengumpulkan kepada orang-orang mengumumkan karena yang selalu menjadi kembang bibir semua orang-orang rumah yang tinggal BLANDAR nya wilayah tu dinamakan DESA BANDARAN.

Selama di pimpin beliau “DEMANG KY AGENG SUKARSO dan Wakilnya “ NITI SAMITRO GENAMIN” Desa Bandaran Aman, Tentram Sejahtera. Dan disaat lanjut usia Demang dan wakilnya maka diadakan pemilihan pimpinan bisa dikatakan “PILKADES” yang terpilih P.JO sebagai Kades dan sebagai Sekdes Bapak Suparman / Samat. Kira-kira tahun 1939 disaat dijajah Belanda.

Selain dari jajahan belanda masyarakatpun tidak aman. Ada yang adu domba sering terjadi kekisruhan dan pembunuhan dan yang memelihara ternak pun tidak aman karena banyak pencuri, akhirnya masyarakatpun menderita dan masyarakat memutuskan untuk mengadakan “PILKADES” lagi dan yang terpilih Bapak Ssparman/Samat sebagai Kades dan Pak Jaslan menjadi Sekdes. Desa Bandaran Aman, tentram kembali, beliau memegang jabatan selama 32 tahun sampai tahun 2000 PILKADES lagi yang terpilih Bapak Abdul Kapi dan Sekdesnya Nur Salam sampai saat ini Tahun 2007.

NARA SUMBER PENULIS




( SUJADI ASIM/MUDIN ) ( A’AN dan PRI )

No comments:

Post a Comment