SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA WONOREJO KECAMATAN KEDUNGJAJANG KABUPATEN LUMAJANG JAWA TIMUR 67358

Tuesday, September 4, 2012

SEJARAH DESA KEDUNGJAJANG

Pada masa kerajaan ada seseorang yang namanya tidak diketahui sangat sakti mandra guna dan kesaktiannya hamper tidak bisa diukur dengan apapun, pada suatu saat beliau pergi kesungai yang sekarang diberi nama KALI JUWET, melihat sungai yang sangat dalam timbul dihati beliau untuk mengukurnya/menjajaki sungai yang berbentuk kedung dengan selonjor bambu/pring jajang. Maksudnya ialah kalau hati manusia tidak bisa diukur dengan apapun namun dalamnya sungai masih bisa dijajaki. Dari cerita inilah desa/kampong ini diberi nama “ KEDUNGJAJANG “ yang kata kedung diambil dari sungai yang berbentuk KEDUNG dan Jajang diambil dari tancapan PRENGJAJANG.
Pada masa kerajaan desa/kampung Kedugjajang jauh dari kemakmuran dan kesejahteraan sehingga muncul dari hati para turunan – turunan raja untuk memimpin dengan tujuan untuk mensejahterahkan masyarakatnya pada zaman itu.
1. Masa pimpinan MBAH RATIJEM ( I – 1841 )
Beliau merupakan pemimpin pertama dari desa kedungjajang dimasa kerajaan nama asli beliau adalah R. MULJO MUSTAFA/MBAH SELAMET orang pertama yang menginginkan rakyat Kedungjajang makmur dan sejahtera. Setelah meninggal pada tahun 1841 kepemimpinan diambil alih oleh putranya.

2. Masa pimpinan ENDRO NURDIN ( 1841 – 1872 )
Kepemimpinan beliau adalah dari zaman kerajaan menjadi zaman kepatihan, beliau sempat memimpin selama 31 tahun yang meneruskan kepemimpinan dari bapaknya R. Muljo Mustafa.

3.Masa pimpinan JUMALIT ( 1872 – 1905 )
Dengan meninggalnya Endro Nurdin pada tahun 1872 untuk kepemimpinan desa Kedungjajang digantikan oleh Jumalit yang merupakan adik kandung dari Endro Nurdin, beliau memimpin masih dizaman kepatihan selama 33 tahun. Pada tahun 1905 beliau juga meninggal dunia dan kepemimpinan diambil oleh putranya.

4.Masa pimpinana SINGOREDJO ( 1905 – 1935 )
Beliau memimpin di zaman kepatihan sampai ke zaman penjajahan menggantikan kepemimpinan bapaknya. Dan beliau memimpin selama 30 tahun
5.Masa pimpinan TOMODIHARDJO ( 1935 – 1955 )
Kepemimpinan beliau dimasa penjajahan sampai kemerdekaan, beliau memimpin selama 20 tahun. Setelah berakhirnya kepemimpinan Tomodihardjo tahun 1955 – 1956 ada kekosongan pemimpin karena pada waktu itu terjadi reformasi dari system pimpinan turun – menurun menjadi system pilihan rakyat.

6.Masa pimpinan MASNAWI ( 1956 – 1965 )
Sebelum memimpin beliau dulunya menjadi CARIK dari kepemimpinan Singoredjo dan Tomodihardjo dan beliau sekaligus merupakan pimpinan pertama desa Kedungjajang yang langsung dipilih rakyat, namun Cuma menjabat 9 tahun karena pada waktu itu terjadi pemutihan ( SECRENING PARTAI ) oleh pemuda “ 66 “

7.Masa pimpinan KROMOSARI ( 1966 – 1968 )
Setelah adanya pemutihan ( SECRENING PARTAI ) diakhir tahun 1965 oleh pemuda “ 66 “ untuk kepemimpinan kosong, karena kekosongan tersebut rakyat menunjuk langsung tampa pemilihan Kromosari sebagai pemimpin sementara desa Kedungjajang.

8.Masa pimpinan H. DJOJO SANTOSO ( 1968 – 1999 )
Beliau memimpin dimasa Orde Baru selama 31 tahun, pada masanya desa Kedungjajang pernah mengalami masa kejayaan, sehingga pada tahun 1992 melepaskan diri dari kecamatan Klakah.

9.Masa pimpinan JUBAT HARIYANTO ( 1999 – 2006 )

10.Masa pimpinan RADIYAL ( 2006 – Sekarang )

Narasumber Notulen


Bp. SABAR SAMSUL ARIFIN

1 comment:

  1. sejarah desa grobogan apakah anda tahu?
    jika anda tau tlong minta penjelasannya.
    terima kasih..

    ReplyDelete